Kelelahan? Lupakan Kopi, Ganti dengan Naik Turun Tangga

Banyak orang yang memilih kopi untuk membangkitkan tenaganya di pagi hari. Padahal daripada kopi, lebih baik Anda naik turun tangga saja.

Sebuah penelitian terbaru menyebut naik turun tangga selama 10 menit saja akan menaikkan level energi Anda jauh lebih signifikan ketimbang minum kopi, soda atau stimulan lainnya.

Dalam percobaan, 18 partisipan diminta meminum kapsul yang mengandung kafein atau plasebo di dua hari yang terpisah, lalu di hari lain mereka diminta naik turun tangga selama 10 menit dengan kecepatan rendah.

“Kami membandingkan efek kafein dan plasebo pada partisipan, nyatanya tak banyak perubahan yang terlihat,” ungkap peneliti, Patrick J O’Connor dari University of Georgia seperti dilaporkan Men’s Fitness.

Lain halnya dengan naik turun tangga yang digolongkan sebagai aktivitas fisik. “Kalau olahraga, partisipan merasa lebih berenergi dan bersemangat,” tambahnya.

Patrick mencontohkan, dalam sekaleng soda diet mengandung kafein sebanyak 42 miligram, minuman kopi rata-rata mengandung setidaknya 50 miligram dan segelas latte mengandung 77 miligram. “Bila dibandingkan, efek kafein yang didapatkan tidak sebesar dengan naik turun tangga, meski kafeinnya tinggi sekalipun,” imbuhnya.

Untuk mengetes sejauh mana perbandingan efek keduanya, peneliti juga meminta partisipan yang rata-rata mengaku kurang tidur kronis untuk menjalani sejumlah tes kognitif, baik secara verbal maupun lewat komputer.

Hasilnya, di saat mereka mengonsumsi kafein, tidak terlihat adanya peningkatan pada tingkat konsentrasi ataupun daya ingat. Namun ini ditemukan saat mereka diminta naik turun tangga, termasuk peningkatan motivasi kerja, walaupun kecil.

Dengan cara seperti ini, Patrick ingin orang-orang yang kerja kantoran atau tak punya banyak waktu untuk berolahraga karena pekerjaan bisa meluangkan sedikit waktunya untuk tetap bugar.

“Mereka mungkin bisa keluar kantor dan jalan kaki tetapi cuaca kan tidak menentu. Tetapi jika aktivitas fisiknya hanya perlu dilakukan dalam ruangan, maka ini tentu takkan merepotkan,” paparnya.

Dan yang pasti, lebih ramah di kantong kan.

About admin