Trik Belajar Grammar dari Kebiasaan Sehari-Hari. Biar Ini Nggak Jadi Momok Lagi!

Bahasa Inggris kini sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Sejak di bangku sekolah, menguasai bahasa yang disebut-sebut jadi bahasa internasional ini adalah sebuah keharusan. Bahkan, sudah jadi mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional. Bener nggak? Bahkan, walaupun sudah tidak di bangku sekolah, baca-baca berita dari portal dengan sumber bahasa Inggris sudah jadi kebutuhan. Untuk tetap update, kamu pun juga harus menguasai bahasa ini.

Sudah bukan rahasia lagi kalau grammar atau tata bahasa sudah menjadi momok turun-temurun saat mempelajari bahasa Inggris. Tenang, kamu nggak perlu merasa takut dan kesulitan lagi, tips asik dan mujarab dalam mempelajari grammar.

Mau pakai relative pronouns sudah tidak perlu bingung. Tinggal bedakan posisi objek dalam kalimatnya.

Untuk menghubungkan kalimat, dibutuhkan kata ganti untuk menambah keterangan. Di bahasa Inggris, ada 5 macam relative pronoun, yaitu who, whom, what, which, dan that. Di tiap pronoun, punya fungsi masing-masing tergantung dari subyek yang diterangkan. Coba kamu hapalkan satu satu. Kamu tinggal pakai sesuai dengan posisinya di dalam kalimat.

who = menggantikan keterangan orang sebagai subyek.

whom = menggantikan keterangan orang sebagai obyek.

which = menggantikan keterangan subyek dalam bentuk benda.

whose = menggantikan keterangan milik.

that = menggantikan keterangan subyek dalam segala bentuk.

Nggak usah rebutan punyaku atau punya orang lain. Possesive pronouns gampang kok buat dihapalin.

Buat menentukan kepemilikan dari sesuatu, kamu nggak perlu susah-susah untuk menghapalkan. Kamu bisa cari di google tabel possesive pronouns. Dijamin, kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam tabel yang lengkap. Kamu bisa hapalkan dengan mudah kan jadinya. Mungkin kamu bisa sedikit berkreasi dengan nyanyian. Jadi lebih gampang diingat, kan?

Possesive pronouns :

first = my, mine – our, ours

second = your, yours – your, yours

third = his, her, hers, its – their,theirs

Menentukan anything, something, dan nothing itu mudah. Asal tahu aturan mainnya aja.

Kata-kata ini adalah yang sering banget dipakai dalam berbagai kalimat dalam bahasa Inggris. Namun sering juga ada yang salah dalam menggunakannya. Ada perbedaan dalam penggunaan masing-masing kata. Something digunakan untuk kalimat positif. Kalau anything sih biasanya digunakan untuk kalimat tanya dan kalimat negatif. Pun demikian dengan nothing. Nothing digunakan untuk kalimat negatif dan tanya. Bedanya adalah dari segi makna. Nothing berarti “tidak” sedangkan anything bermakna “apa saja”.

Untuk hasil yang maksimal, jangan bosan untuk mengerjakan latihan soalnya ya. Karena practice makes perfect

Setelah mempelajari berbagai macam materi yang sudah mudah, jangan segan buat melatih pemahaman kamu, ya. Dengan terus berlatih, apa yang kamu dapat nggak akan mudah lupa dan akan terus kamu ingat. Nah, Hipwee juga sudah merangkum beberapa situs yang akan mempermudah belajar bahasa Inggrismu di artikel Meski Tanpa Ikut Kursus, 8 Situs Ini yang Bakal Membuat Skill-mu Bertambah Terus!. Selain itu, kamu pun tidak boleh bosan untuk terus mencoba cara belajar yang menyenangkan, seperti menonton film tanpa bantuan subtitle, mendengar dan memaknai lagu-lagu yang berbahasa Inggris, dan berkomunikasi langsung dengan orang native-nya.

tips mujarab di atas, mana nih yang udah nggak sabar untuk kamu praktekkan, guys? Semakin tekun kamu belajar, semakin mudah pula kamu menguasai grammar. Nggak usah takut salah lagi deh.

About admin