Asyiknya Jokowi Berkain Tenun di Parade 1.001 Kuda Sumba

Parade 1.001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat 2017 di Sumba dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Dia asyik berkain tenun sepanjang acara.

Presiden Joko Widodo menikmati langsung keunikan budaya Sumba saat menghadiri Parade 1.001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Lapangan Galatama, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Jokowi ditemani langsung oleh Bupati Sumba Barat dan serangkaian pejabat daerah lainnya mengenakan kain tenun khas Sumba.

Jokowi mengatakan, budaya merupakan ciri khas sebuah bangsa dan bila dikelola dengan baik akan menjadi keunggulan yang dimiliki Indonesia dibanding bangsa-bangsa lain, terutama di bidang pariwisata “Inilah kebinekaan kita, Bhinneka Tunggal Ika yang harus kita jaga, karena sangat beragam,” ujar Jokowi saat memberi sambutan di acara itu.

Jokowi berjalan di antara para penenun dan melihat langsung bagaimana cara pembuatan tenun Sumba, Tak hanya melihat langsung para penenun membuat kain tradisional, Jokowi juga sempat naik kuda dengan kuda khas Sumba yaitu Kuda Sandelwood

Tarian tradiosional pun ikut dipamerkan dalam acara ini. Salah satunya Tarian Kolosal Kemilau Savana, Para penari laki-laki menggunakan kostum berwarna cerah dengan dominasi warna biru, Sedangkan para penari perempuan, membawakan tarian ini dengan kostum berwarna merah cerah

Presiden Jokowi juga melakukan tradisi cium hidung dengan dua kepala desa di Kabupaten Sumba Barat Daya.

About admin