Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Melanjutkan Studi di Jepang!

Tertarik untuk melanjutkan studi diluar negeri? Jepang siap menerima kedatangan para pejuang ilmu dari Indonesia! Perlu diketahui bahwa salah satu penunjang hubungan  Indonesia-Jepang adalah dari dunia pendidikan dan kebudayaan sehingga tak heran, pemerintah Indonesia membuka peluang untuk mengantarkan mahasiswanya yang berniat melanjutkan studi di negeri Sakura. Berikut beberapa alasan mengapa Jepang patut dijadikan tempat untuk melanjutkan studi kalian:

1. Sistem Research dan Fasilitas yang Menunjang

Negara yang terkenal dengan “Collage of Technology” ini memang patut untuk dibanggakan. Tak seperti di Indonesia, Jepang lebih mengedepankan kemampuan siswanya untuk melakukan riset dan pengaplikasian teori sehingga membuat siswa lebih bersemangat menjalani masa studinya.

Kalau di Indonesia kita mengenal ujian akhir ‘skripsi‘ yang sebagian besar berkutat dengan teori, lain halnya di Jepang, teori hanya sekedar ilmu sia-sia jika tidak ditunjang dengan praktik tentu saja ditunjang oleh fasilitas yang mumpuni. Maka tak heran, banyak orang di Jepang yang dikagumi oleh kepintaran dan ketelatenannya karena telah dibekali ilmu terapan disertai kemampuan riset dan analisa yang tinggi.

2. Belajar Menjadi Pribadi yang Mandiri, Disiplin, dan Pekerja Keras

Kalian pastinya sudah sering mendengar budaya membungkuk, memberi salam, dan ketepatan waktu khas orang Jepang bukan? hal itu dikarenakan orang Jepang sudah mendapat pendidikan budi pekerti dan dilatih untuk menjadi pribadi yang serba mandiri sedari kecil.

Berbeda dengan Indonesia, masih banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada orang lain dan kurangnya kepedulian untuk mengintrospeksi diri mereka sendiri. Di Jepang, kalian akan belajar cara menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, dan pekerja keras.

3. Selain Berkuliah, Kalian akan Belajar Kebudayaan Baru yang Menarik

Selain budaya perilaku, Jepang juga menjadi gudang kebudayaan yang tak lekang oleh masa. Di beberapa daerah Jepang seperti Kyoto dan Osaka, banyak tempat-tempat historikal yang dipenuhi nuansa bersejarah dan kebudayaan yang pekat sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya.

Selain tempat bersejarah dan beragam upacara adat, beberapa karya seni mulai dari lukisan, keramik, boneka, dan lainnya banyak dianggap memiliki makna sakral dan menjadi bukti keberadaan nenek moyang di suatu wilayah. Saat pergantian musim, kalian juga bisa menikmati festival-festival yang tak kalah menarik sambil menikmati nuansa alam Jepang khas.

4. Menambah Penghasilan dengan Kerja Part-Time (Baito)

Baito atau yang dikenal sebagai pekerjaan paruh waktu umumnya dijadikan sebagai pilihan alternatif dari setiap kalangan siswa untuk menambah penghasilan atau sekedar menghabiskan masa liburan. Pekerjaan ini biasanya ditawarkan di toko swalayan, toko roti, cafe, dan semacamnya.

Selain mendapatkan upah, kalian juga akan mendapatkan pengalaman luar biasa yang dapat memudahkan kalian untuk beradaptasi saat mendapatkan pekerjaan tetap nantinya. Umumnya, pekerjaan ini hanya dianggap hal tabuh dan disepelekan di Indonesia, tapi di Jepang, orang-orang menganggapnya sebagai “tambang emas” untuk meraih keuntungan dan ajang mengembangkan kemampuan.

5. Kangen dengan Indonesia? Bergabunglah dengan Komunitas PPI di Jepang!

Tiba saatnya ketika raga tak lagi dapat membendung kerinduan dengan tanah air. Ingin rasanya membagi rasa rindu yang mencekam dengan sejawat lain, begitulah yang dirasakan oleh kaum pelajar asing yang sedang menuntut ilmu di negeri orang.

Tapi tenang, ada jalan keluarnya, kok! Persatuan Pelakar Indonesia atau PPI merupakan suatu komunitas mahasiswa atau pelajar Indonesia di negara asing. Komunitas ini mewadahi pelajar-pelajar yang berasal dari tanah air untuk mengadakan kegiatan-kegiatan positif secara resmi atau bahkan sekedar mengadakan kumpul bareng guna mengobati rasa kangen akan negeri tercinta, Indonesia.

About admin