Traveling Ramai-ramai Bareng Teman? Simak Dulu 8 Tipsnya

Liburan bersama teman-teman pastilah sangat menyenangkan. Namun, simak dulu 8 tips berikut ini sebelum bepergian bersama.

Merencanakan liburan bersama teman kuliah, teman kerja, maupun teman masa kecil? Jangan gegabah atau memikirkan hal-hal yang menyenangkan saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapakan bila bepergian bersama.

detikTravel telah merangkum beberapa hal, Rabu (9/8/2017) yang perlu diperhatikan sebelum liburan rame-rame.

1. Tentukan destinasi

Rembukan dulu bersama-sama destinasi yang ingin dituju. Pertimbangkan segala hal yang ingin dicapai selama liburan bersama.

Jangan minta pendapat beberapa orang saja. Tapi tanyakan pendapat semua orang yang ikut berlibur. Jangan sampai nanti liburan gagal karena beberapa orang tidak suka atau tidak setuju dengan destinasi yang traveler cetuskan. Bisa saja teman-teman kita punya trauma atau pengalaman buruk akan sesuatu kan?

2. Perkirakan dana yang digunakan

Setelah mendapatkan destinasi, tentukan juga dana yang dibutuhkan untuk liburan bersama. Jangan sampai nanti ada beberapa orang yang dirugikan karena dia yang ‘kelebihan budget’.

Tentukan kemungkinan-kemungkinan dimana nantinya akan membutuhkan uang. Misalnya uang bensin, bayar parkir, uang makan, tiket masuk wahana, dan sebagainya.

3. Bagi tanggung jawab

Sebelum bagi-bagi tanggung jawab, tentukan siapa yang menjadi leader. Percayakan kepada leader untuk memimpin dan membagikan tugas selama liburan.

Hal ini berguna supaya tidak ada saling cemburu atau ketimpangan kerja selama liburan. Jadi kebersamaan terbangun dengan melakukan kewajiban dan tugas masing-masing.

4. Saling kompromi

Sebelum bepergian, sepakati dulu beberapa hal demi keberlangsungan liburan. Misalnya berapa uang paptungan, jam berapa kumpul, dimana titik berkumpul, dan barang-barang yang akan dibawa.

Jangan ada yang melanggar ya. Laksanakan apa yang disepakati biar liburan bersama semakin seru!

5. Hindari pembicaraan yang sensitif

Selama perjalanan maupun di lokasi wisata, hindari untuk membicarakan hal-hal yang sensitif. Misalnnya masalah pertengkaran, keburukan masa lalu, saling menjelekan, dan sebagainya.

Jika ada masalah pribadi, jangan bicarakan dengan emosi. Carilah kesempatan dimana permasalahan bisa diselesaikan bersama. Ingat! Kita liburan untuk bersenang-senang ya, bukan mencari masalah.

6. Abadikan momen

Jangan lupa bawa kamera maupun smartphone ya. Biar bisa mengabadikan momen bersama. Serta tetap update di dunia maya tentang perjalan traveler.

Sebelum berangkat, cek dulu kelengkapan kamera berserta baterai cadangan. Pastikan baterainya mencukupi serta memorinya besar ya. Biar bisa foto dan video sepuasnya.

7. Jangan bersikap egois dan kekanak-kanakan

Boleh-boleh saja tidak suka atau merasa tersinggung atas perkataan teman maupun sikapnya selama liburan. Tapi jangan sampai ngambek maupun diam-diaman ya.

Berusahalah untuk tidak terlalu mengambil hati perkataan teman yang ‘kelewatan’. Tanggapi dengan bercanda saja. Nikmati liburan ya.

8. Jaga barang masing-masing

Walau bepeegian secara bersama-sama, bukan berarti bebas saling percayakan barang. Jagalah barang bawaan masing-masing.

Jangan sampai liburan menjadi heboh karena salah satu dari kita kehilangan. Ingat! Sebelum bertanggung jawab untuk orang lain, tanggung jawablah dahulu kepada diri sendiri.
Selamat liburan ya. (sym/wsw)

About admin