Selain Pola Makan, Sakit Mag Juga Bisa Kambuh karena Stres

Asam lambung yang berlebihan tentu menjadi masalah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya mag seringkali dianggap lantaran telat makan saja, padahal sebenarnya ada pemicu lainnya lho.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang, meningkatnya asam lambung bukan hanya dipicu oleh faktor telat makan atau pola makan yang tidak teratur tetapi juga dipicu oleh makan makanan yang mengandung asam berlebihan.

“Ada banyak hal, di samping pola makan yang tidak teratur, makan berlebihan asam, termasuk juga beberapa minuman yang mengandung asam, makanan yang terlalu pedas, beberapa terlalu berlemak, beberapa hal juga termasuk kopi, coklat, dan teh yang berlebihan,” kata dr Hendra dalam video Bincang Sehat.

“Itu semua akan mengganggu dari keseimbangan asam dalam tubuh kita, termasuk menimbulkan rasa begah dan sebagainya,” sambung dr Hendra.

Selain dipicu oleh faktor pola makan, faktor yang lebih kompleks lagi memacu produksi asam lambung, dikatakan dr Hendra adalah faktor stres.

“Maka tidak heran orang-orang sakit mag yang berulang-ulang salah satu faktor stres mesti diingat, baik disadari maupun tidak disadari,” kata dr Hendra.

Asam lambung umumnya diproduksi oleh banyak hal. Secara alamiah pun, produksi asam lambung akan terjadi. Sebab asam lambung sendiri berguna untuk mencerna makanan dan juga melindungi makanan dari bakteri.

“Di samping untuk mencerna makanan, dia juga mensterilkan makanan yang kita makan dari bakteri, sehingga apapun kita makan kita akan terhindar dari penyakit-penyakit yang ditulari dari makanan, seharusnya dengan kondisi asam lambung yang cukup,” imbuh dr Hendra.

 

About admin