Tabalong Wajibkan 5% Dana Desa Untuk PAUD dan Perpustakaan

Untuk mendorong masyarakat dalam rangka gemar membaca dan mampu mengembangkan masyarakat menjadi aksawara, cerdas, kreatif dan produktif Pemkab Tabalong melalui Dinas Pendidikan setempat menggelar Pencanangan Gerakan Indonesia Merdeka (GIM) yang dilaksanakan di Kampung Literasi tepatnya di Desa Tanta Hulu Kecamatan Tanta.

Penyelengaraan GIM ini sendiri, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat dalam menurunkan jumlah buta aksara dan mengembangkan masyarakat gemar belajar sepanjang hayat.

Selain itu juga, untuk melestarikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung khususnya untuk masyarakat di Kabupaten Tabalong.

“Lewat kegiatan GIM agar bisa membangkitkan dan minat baca masyarakat sebagai tahap terwujudnya budaya baca,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, H Rizali Noor dalam sambutannya .
Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menegaskan, dipilihnya Desa Tanta Hulu sebagai tempat pelaksanaan pecanangan GIM ini bukan tanpa alasan, sebab desa Tanta Hulu ini merupakan desa terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2016, bahkan terpilih sebagai desa terbaik ke tiga tingkat nasional.
“Desa Tanta Hulu ini juga sudah banyak meraih prestasi dan yang lebih membanggakan,”kata Bupati.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Saraba Kawa ini menyebutkan, upaya lain dari pemkab Tabalong untuk mencerdaskan serta menumbuhkan minat baca ialah dengan menggalakan dan menghidupkan serta mendirikan perpusatakaan desa.

Bahkan kata Bupati, pihaknya mengeluarkan peraturan berupa Perbup yang mewajibkan minimal lima persen dana desa harus digunakan untuk PAUD dan Perpusatakaan Desa.

“Alhamdulilah di tahun kedua pelaksanaan Perbup ini, sudah terbentuk 71 perpustakaan desa dari 121 desa yang ada di Kabupaten Tabalong dan 7 perpustakaan desa lainnya masih dalam tahap pembinaan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Tabalong,”pungkasnya. (MC Tabalong)

About admin